Cerita Singkat, Dongeng Kancil Dan Buaya

Apakah anda sudah pernah mendengar dongeng kancil dan buaya? Jika belum kali ini akan dibagikan kepada anda dongeng tersebut. Kisahnya bermula dari kancil yang bersantai sambil duduk. Kancil memang terkenal sebagai sosok yang sangat cerdik. Suatu ketika ia ingin mendapatkan mentimun yang jauh disana. Untuk mendapatkannya harus menyeberangi sungai. Sayangnya, untuk menyeberangi sungai tersebut kancil harus bekerja keras. Maklum saja, di dalam sungai terdapat buaya. Kancil akan menjadi santapan yang lezat buat buaya. Akan tetapi, kancil sangatlah cerdik. Ia kemudian mendapatkan ide yang cukup brilian. Lantas apa ide yang dikeluarkan oleh kancil tersebut? Anda penasaran dengan dongeng ini. Tunggu sebentar anda simak dalam kisah selanjutnya.


Dengan cerdasnya kancil memulai dengan membangunkan buaya. Kemudian buaya terkejut dan terbangun dalam keadaan lapar. Si kancil yang cerdik itu lantas mengatakan kepada salah satu buaya kalau ia memiliki daging yang bisa diberikan kepada seluruh buaya yang ada di sungai. Melihat sikap baik kancil buayapun percaya. Padahal buaya sudah sering mendengar kalau kancil merupakan sosok yang licik dan sering memanfaatkan teman untuk kepentingan pribadinya. Akan tetapi, tidak tahu kenapa buaya malah mempercayai kancil. Kemudian kancil menyuruh buaya untuk memanggil teman-temannya. Lalu diperintahkan untuk berbaris agar bisa menghitung berapa jumlah buaya yang akan diberikan daging.  Dengan polosnya buaya berbaris rapi.

Setelah buaya berbagis dengan rapi, kemudian kancil mulai mengitung dengan melangkah di atas buaya. Akhirnya selangkah demi selangkah kancil berhasil melangkahi buaya dan menyebrangi sungai. Ternyata itu yang dilakukan kancil untuk bisa mengambil mentimun di seberang sungai. Setelah menyebrang kancil tertawa dengan terbahak-bahak. Buaya kemudian menagih janju daging dari kancil. Tetapi kancil terus tertawa dan berkata, mana mungkin aku punya daging buaya bodoh. Buaya merasa tertipu denga ulah si kancil. Nah itulah tadi dongeng mengenai kancil dan buaya. Bisa dilihat, dongeng tersebut termasuk dalam katergori dongeng fabel. Cocok untuk dibaca dan didengarkan anak-anak cerita dongeng tadi.