Hal-hal Terlarang dalam Modifikasi Motor

Modifikasi motor hakikatnya adalah merubah sepeda motor anda menjadi desain atau spesifikasi yang berbeda dengan pabrikan asalnya. Akan tetapi, ada beberapa hal yang sebetulnya “terlarang” dalam memodifikasi motor. Terlarang karena selain membuat tampilan sepeda motor anda menjadi “norak”, hal-hal tersebut juga melanggar aturan dan menimbulkan ketidaknyamanan atau gangguan terhadap lingkungan sekitar. Hal tersebut sangat tidak menjadikan sepeda motor anda keren atau enak dilihat. Jadi, sebaiknya anda tidak melakukan modifikasi sesuai dengan hal-hal di bawah ini. Berikut diantaranya:


1.       Knalpot yang Bising

Knalpot yang bising adalah hal terlarang pertama yang sebaiknya tidak anda lakukan dalam modifikasi motor. Meskipun penggantian knalpot adalah cara modifikasi yang paling umum, tetapi banyak orang yang terkesan asal dalam melakukannya. Mengganti knalpot seharusnya bukan hanya sekedar memilih bentuk, model, ataupun kecococokannya dengan dudukan mesin sepeda motor, tetapi efeknya terhadap orang-orang sekitar. Knalpot bising tidak membuat sepeda motor anda menjadi keren, tetapi hanya membuat anda disumpah serapahi di jalanan karena suaranya yang sangat mengganggu. Pengguna sepeda motor yang menggunakan knalpot bising adalah pengendara yang egois dan “norak”.

2.       Lampu yang Terlalu Terang

Modifikasi lampu memang menjadikan sepeda motor terlihat lebih keren, tetapi perlu diperhatikan agar lampu yang digunakan tidak terlalu terang. Lampu yang terlalu terang memang dapat membantu pengendara agar dapat melihat jalan lebih jelas, tetapi efeknya berbahaya bagi pengendara lainnya. Pengendara lain dapat mengalami silau yang mengganggu pengelihatannya, terutama ketika berada di belokan jalan. Lampu yang terlalu terang juga mengganggu orang sekitar ketika anda mengendarai motor di tempat-tempat umum dimana orang sering berkumpul di jalan.

3.       Pengecatan Total

Warna sepeda motor yang terlarang adalah warna yang sangat berbeda dari yang tertera di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Misalnya apabila warna asli sepeda motor anda yang tertera di STNK adalah putih, kemudian ada mengecatnya secara total menjadi warna merah atau warna-warni. Hal tersebut dapat membuat anda dipolisikan karena keterangan STNK tidak sesuai dengan keadaan aslinya.

4.       Ban Kecil dan Motor Terlalu Ceper

Penggantian ban menjadi lebih kecil dan membuat motor menjadi lebih ceper sebetulnya sah-sah saja. Tetapi hal ini dikatakan terlarang karena mengganggu kenyamanan berkendara dan juga berpotensi menimbulkan bahaya, terutama ketika berada di jalan tidak beraspak, banyak polisi tidur, dan tikungan tajam.

Itulah hal-hal terlarang yang harus dihindari saat melakukan modifikasi motor. Modifikasi yang cerdas adalah modifikasi yang tetap aman dan tidak mengganggu pihak lainnya.